TIPS & CARA MEMBUAT BLOG | TUTORIAL BLOG & WEBSITE | PANDUAN GANTI NAMA, BERANDA DAN MENU TAB

Mungkin banyak yang sudah tau dan mengenal kata "blog", maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula karena terus terang saya juga masih pemula...hehehehe... Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia. Di luar negeri, blog sudah berkembang sejak lama. Kita saja yg memang suka ketinggalan.


1. Apa itu blog?
Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi otomatis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, pengumpul receh sampai profesor dan menteri-menteri.

2. Bagaimana cara membuat blog?
Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah lebih mengerti tentang web / blog, bisa juga buat account di www.wordpress.com dan www.blogsome.com, selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian seperti www.ucoz.com, dll. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai
register/sign-up di www.blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.


CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.
Sekarang saya akan coba jelaskan cara untuk membuat sebuah account baru di www.blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.

1. LANGKAH AWAL BUAT BLOG
Silahkan anda kunjungi website www.blogger.com
Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali. Agar akun blogger kamu bisa digunakan secara penuh, jangan lupa konfirmasi akun bloger anda setelah membuat account google anda, caranya cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar, di situ akan terdapat satu buah email dari blogger berisi link konfirmasi, klik link tersebut untuk verifikasi google account anda. Oh iya jika kamu sudah mempunyai email di Gmail, kamu tida perlu mendaftar dari awal… tapi langsung saja masukkan alamat email gmail kamu dan paswod kamu, kemudian klik menu masuk di www.blogger.com

2. CREATE AN ACCOUNT
Setelah page terbuka, silahkan anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu ingat username dan password yang anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3

3. NAME YOUR BLOG
Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4

4. CHOOSE YOUR BLOG TEMPLATE
Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5

5. GENERATE YOUR BLOG
Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Been Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.
Sekarang Isikan Judul artikel kamu pada kolom tile, dan tulis isi dari artikelmu di bawahnya!

SELAMAT!! sekarang anda sudah mempunyai blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun :)


CARA MENGGANTI NAMA / ALAMAT BLOG

Cara mengganti nama/alamat blog. Ada yang kurang puas dan ingin mengganti alamat blognya. Tenang saja, Anda bisa mengganti nama blog milik Anda dalam waktu singkat (tergantung ketersedian).

Mungkin hal ini sudah Anda ketahui, tapi mungkin juga masih ada yang belum tahu caranya. Langsung saja ikuti langkah di bawah ini.
1 kunjungi www.blogger.com
2. Klik Pengaturan yang ada di bawah judul blog
3. Pilih menu Publikasikan
4. Ketik alamat blog yang baru
5. Ketik tulisan yang tampil pada Verifikasi Kata
6. Simpan perubahan
Dengan cara ini alamat blog anda akan tetap diakhiri dengan subdomain .blogspot. Untuk mengubahnya sesuai dengan keinginan (tanpa diakhiri .blogspot), misalnya: blogku.com, anda bisa melakukannya dengan custom domain yang disediakan di blogger.com. Tapi ini tentu tidak gratis. Untuk bisa melakukannya anda akan dikenai biaya USD 10 per tahun.


CARA MEMBUAT HALAMAN BERANDA / HOME DI BLOGSPOT

Bagaimana caranya membuat halaman Beranda / Home di blogspot? Pertanyaan itu yang saya sering lontarkan pada diriku sendiri sejak memulai berkenalan dengan blog. Setelah beberapa lama mencari di om google, akhirnya pertanyaan tersebut dapat terjawab.

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat halaman beranda / home di blogspot, namun yang saya posting kali ini adalah trik paling mudah dan yang saya terapkan di blog ini dan beberapa blog sobat yang pernah kuedit (editor kacangan). Bagaimana saya membuat halaman beranda atau homepage di blog ini?

Secara garis besar, ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan:
1. Membuat postingan yang umum, yang menjelaskan garis besar isi blog.
2. Merubah format tanggal penerbitan postingan umum tersebut.
3. Merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama/beranda/homepage.
Berikut Penjelasannya:

1. Membuat postingan yang umum, yang menjelaskan garis besar isi blog.
Pada saat kita melihat (membuka) sebuah website yang memiliki hosting sendiri dan mengklik halaman berandanya, yang muncul adalah halaman index yang berisikan sambutan atau penjelasan secara umum isi website tersebut.

2. Merubah format tanggal penerbitan postingan umum tersebut:
1. Setelah membuat postingan seperti langkah nomor 1 di atas, segera terbitkan kemudian edit kembali. Lihat gambar berikut:
2. Setelah masuk pada halaman 'edit entri', pilih "postingan umum" tersebut (postingan yang akan dijadikan homepage).
3. Selanjutnya, jika sudah masuk pada halaman pengeditan, silahkan langsung mengklik "Opsi Entri" atau "Post Options".
4. Rubah Format tanggal penerbitannya, usahakan di rubah pada tanggal terbaru.
Pada gambar di atas, entri ini diterbitkan pada tanggal 30 bulan 11 tahun 2009. Jika sekarang adalah tanggal 10 bulan 4 tahun 2011, berarti postingan ini akan berada di urutan belakang (jika ada postingan yang lebih baru). Tapi jika format tanggal tersebut dirubah menjadi tanggal 30 bulan 11 tahun 2012, maka tulisan atau entri tersebut akan selalu berada di depan (ingat, pada pengaturan default blogger, postingan terbaru selalu berada di atas).
Nah, jika ingin menjadikan "postingan umum" (yang telah dibuat pada langkah nomor 1) selalu muncul pada halaman beranda atau home, ubahlah tanggalnya "semuda mungkin".

3. Merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama/beranda/homepage.
Langkah terakhir adalah mengatur atau merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama. Caranya,
1. Masuk ke halaman Dasbor, atau klik di sini
2. Masuk Pada halaman "pengaturan"
3. Setelah masuk pada halaman pengaturan, klik "Format"
4. Carilah tulisan "Tampilkan", rubahlah angka yang ada menjadi 1. Perhatikan gambar di bawah:
Pada gambar di atas, angka 5 diubah menjadi 1. Pastikan pada menu dropdownnya pilih 'posting'. Artinya, jika kita memilih angka 1, berarti kita 'memerintahkan' agar jumlah tulisan yang muncul pada halaman utama adalah 1, yaitu tulisan / postingan terbaru. Terakhir, klik Save atau "simpan setelan".

Logikanya, Postingan yang telah dirubah format tanggalnya menjadi format "tanggal terbaru" akan selalu muncul pada halaman Homepage.

CARA MEMBUAT MENU BAR PADA BLOG

Disini saya akan share gimana sech cara membuat menu bar dengan sangat mudah sudah sekali, bagi yang sudah tau sech, hehehe. Untuk membuat menu bar bisa banyak langkah yang ditempuh, cara ini merupakan cara yang menurut saya paling menu untuk dipraktekkan,
- Pertama Kamu login ke blog, pilih blog yang ingin diedit, pilih layout, trus page element
-Add Gadget Di bawah Nav Bar, kalo belum muncul add gadgetnya, ke edit html dulu, cari kode Show add element kalo terset no ubah menjadi yes. ngerti kan friend. Setelah add gadget sudah ada, pilih itu

Pilih Html/javascript
Kopi paste kode di bawah ini, edit seperlunya.ok

Ni kodenya
<style type="text/css">

div.TabView div.Tabs a
{
float: left;
display: block;
width: 130px; /* Lebar Kotak Tab */
height: 40px; /* Tinggi Menu Utama Atas */
text-align: center; /* Posisi Teks Menu Tab */
margin: 1px 1px 1px 1px; /* Posisi Kotak Tab */
background-color:blue; /* Warna background Kotak Tab */
padding-top: 2px; /* Spasi Atas */
border: 0px color:none; /* Warna border kotak Tab */
border-bottom: 0px color:none; /*Warna border bawah kotak tab */
font-family: "Arial, Helvetica, sans-serif", Arial; /* Font Kotak Tab */
font-weight: 900; /* Ketebalan Teks kotak tab */

}
div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active
{
background-color:red; /* Warna background utama kotak tab */ }
div.TabView div.Pages
{
clear: both;
border: 1px ,color:blue /* Warna border Kotak Konten */
overflow: unhidden;
background-color: blue; /* Warna background Kotak konten */
}
div.TabView div.Pages div.Page
{
height: 100%;
padding: 0px; /* Jarak teks dalam kotak content */
overflow: none;
}
div.TabView div.Pages div.Page div.Pad
{
padding: 0px 0px;
}

</style>

<form action="tabview.html" method="get">
<div id="TabView" class="TabView">
<div style="width: 1000px;" class="Tabs">

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/home.html"><span style="color: white">HOME</span></a>

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/cara-pendaftaran.html"><span style="color: white">CARA PENDAFTARAN</span></a>

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/format-transaksi.html"><span style="color: white">FORMAT TRANSAKSI</span></a>

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/daftar-harga.html"><span style="color: white">DAFTAR HARGA</span></a>

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/cara-deposit.html"><span style="color: white">CARA DEPOSIT</span></a>

<a href="http://125.160.216.206/venus/" target="_blank" class="noun"><span style="color: white">WEB REPORTING</span></a>

<a href="http://servervenus.blogspot.com/2011/04/call-center-provider.html"><span style="color: white">CENTER PROVIDER</span></a></div></div></form>

Semoga tutorial blog singkat ini bisa sedikit membantu.